Profil

Latar Belakang

Desa merupakan hulu dari segala penyediaan resources baik aspek human resources maupun natural resources. Keberadaanya akan sangat mempengaruhi aktivitas ekonomi yang ada di perkotaan karena perannya sebagai penyuplai kebutuhan pokok, input bahan baku dan juga penyokong SDM Terampil yang bekerja dalam sektor produksi maupun jasa. Namun karena tata kelola yang masih belum optimal maka peran strategis dari desa dalam peningkatan kesejahteraan desa belum bisa diwujudkan.  Banyak masyarakat desa akhirnya jauh dari kondisi standar terlebih mencapai kondisi ideal dalam kesejahteraan. Berdasarkan data Bappenas (2017), pedesaan memiliki kemiskinan yang tinggi yaitu 13,47% atau setara dengan 16,31 jiwa. Bila ditinjau secara makro desa-desa yang ada di Indonesia, data kementrian desa, perdesaan, Transmigrasi dan Daerah tertinggal bahwa tahun 2019 tercatat  terdapat 20,54% desa masih tergolong sebagai desa tertinggal dan 6,69% berkategori sangat tertinggal. Hal ini menuntut  perlunya sebuah konsep pemberdayaan masyarakat yang berbasis penciptaan lapangan pekerjaan di desa ((Puspitasari, 2018); (Rahayu & Budi, 2013)).

Permasalahan di desa tidak selalu dari aspek permodalan. Walaupun karena alasan ekonomi, membuat para pemuda memilih bekerja ke kota (Urbanisasi). Dengan demikian, jika semakin dibiarkan maka desa terus menerus akan tertinggal seiring dengan berkurangnya SDM Produktiv yang memilih berpindah hidup di kota. Bukan hanya masalah terkait ekonomi melainkan banyak lagi permasalahan yang dihadapi di desa seperti ketergantungan, minim inovasi, kurang aspirasi, pragmatis dan bahkan kemauan yang rendah (Rogers, 1969). Hal ini yang menjadi motivasi yayasan sanbers foundation untuk bisa meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat desa. Diharapkan masyarakat desa bisa berdaya tanpa bekerja ke kota khususnya para pemuda yang harus menjadi penggerak ekonomi desa. Terlebih di era Revolusi industry 4.0 memberikan peluang-peluang besar dalam bekerja jarak jauh (by remote) dan memotong rantai distribusi sampai ke konsumen melalui market place online dan e-commerse. Yayasan Sanbers Foundation berusaha memanfaatkan peluang ini agar peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dapat diwujudkan

Goals & Missions​

01.

Membangun kesadaran akan berwirausaha (willingness to be entrepeuneurial)

02.

Mendorong kesadaran dan berkomitmen untuk berinvestasi dalam usaha desa untuk peningkatan ekonomi desa

03.

Meningkatkan produktivitas SDM Desa melalui kemampuan pemanfaatan teknologi

04.

Meningkatkan produktivitas kegiatan perekonomian / usaha yang ada desa melalui pemanfaatan teknologi terutama pada lembaga ekonomi mikro di desa (BUMDes, Koperasi, BMT dll)

Struktur Yayasan

Khairun Rizki, S.T

Pembina Yayasan

Tarlani, S.T., M.T

Ketua Yayasan

Waliyatalatop S.T​

Pengawas

Ahmad Taufik S.Sos​

Bendahara

Aulia Rahmatika S.T, M.T

Sekertaris

Putri Aulia Khairunnisa, S.Psi​

Bidang Pemberdayaan SDM Desa

Regi Ismayana Pratama S.Pd​​

Bidang Pengembangan Teknologi Informasi​

Fikri Haikal S.E​

Bidang Fundraising

Alamat

Jl. Sukasari I No.4, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Kontak

+62 813-3635-7451

Email

admin@sanberfoundation.org

    cropped-sanberfoundation-logo-top-bottom-white-text.png

    Salurkan Donasi anda ke No. Rekening:
    BNI Syariah 5002350026
    BJB 0116689367100
    atas nama Yayasan Santai Berkualitas Indonesia